DUNIA HAYALAN TAMPA BATAS

BERFIKIR DAN BERJLANA DENGAN SEIRING WAKTU UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK LAGI. BELAJAR

Sabtu, 12 Januari 2013

MENGONTROL EMOSI




MENGONTROL EMOSI
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTNAhe5G_CnBJaMf8pgpPWkRk34K4jelakhYxDNdfGirWThktMs
Sebagai seorang manusia  yang menjalani kehidupan denga berbagai aktifitas sudah pasti sering mengalami suatu kejadian yang dimana kita akan mengalami emosi dan menyebabkan kita melakukan tindakan-tindakan yang bodoh seperti saja marah-marah nerlebihan dan juga melakukan tindakan kekerasan atau bahkan melampiaskan emosi kepada orang lain.
Namun dalam diri manusia sebagai mahluk sempurna meski sesungghnya tak ada orang yang sempurna ada satu hal yang tuhan berikan untuk kita menjaga diri dan menjauh dari perbuatan yang salah.
Salah satu hal yang sangaat baik di kembangkan dalam kehidupan manusia adalah mmengontrol emosi. Emotional control dalam diri manusia sangat berharga baik dalam segi kesehatan maupun dalam segi kehidupan. Keuntungan yang kita dapatkan sangatlah memuaskan karena kontrol emosi akan membantu kita terserang penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi yang menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia.
Mengontrol emosi memang tak semudah yang kita bayangkan dalam benak kita dengann begitu saja tidak marah keapada bawahan yang sallah membuang berkas penting atau kepada anak yang datang dengan penuh lumpur dan langsung menuju tempat tidur. Tetapi dalam konteks ini mengontrol emosi dilakukan dengan cara yang berbeda, bukan dengan cara menahan marh begitu saja, karena itu justru akan memperparah keadaan tubuh.
Mengontrol  emosi dapat dilakukan dengan terbiasa tersenyum dan selalu bersikap yang santai namun serius, bukan hanya dengan cara itu tetapi juga dengan selalu berusaha berfikir positif terhadap berbagai hal dan kejadian yang kita alami ataupun kita llihat.
Sebagai sebuah contoh seperti pada awal perkataan saya yaitu ketika anak kita datang dengan pakaian dan badan penuh lumpur dan langsung menuju kamar dan tidur ada baiknya kita tenang menarik nafas dann coba tersenyum dan berfikir betapa lucunya perbuatan anak kita. Dari pola berfikir baik itu kemudian coba kita tingkatkan dengan sebuah senyuman yang berfikir positif mungkin anak kita jatuh ke dalam lumpur dan takut dimarahi sehingga dia tak mau berkata apa2 dan langsung menuju kamarnya dan tidur.
Mengontrol emosi dalam diri kita memang sedikit rumit namun sesungguhnya kita dapat melakuannya dengan baik jika kita mulai melakukannya dengan senyuman dan berfikir positif terhadap problem0promlem di depan kita,
Mengontrol diri pun tidak bisa kita lakukan dengan langsung ataupun hanya setengah-setengan saja, tapi mengontrol emosi dalam diri kita harus dlakukan dengan rutin dan juga di mulai dari berbagai hal yang kecil hingga akhirnya kita terbiasa untuk melakukannya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi diri kita terutama dalam kehidupan keseharian kita yang selalu berhadapan dengan berbagai problema hidup yang harus kita yakini sangat keras dan membingungkan.

0 komentar:

Posting Komentar