DUNIA HAYALAN TAMPA BATAS

BERFIKIR DAN BERJLANA DENGAN SEIRING WAKTU UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK LAGI. BELAJAR

Jumat, 22 Maret 2013

BUKU DAN CERITA PERKEMBANGANNYA



BUKU DAN CERITA PERKEMBANGANNYA


                Siapa yang tak kenal dengan buku, sebuah tumpukan kertas yang disatukan dengan cara dijilid dengan tujuan yang bermacam-macam baik sebagai sebuah bacaan maupun sebuah media penulisan.
                Pengenalan buku oleh masyarakat buku membuat perubahan dan juga cerita yang luar biasa. Buku menjadi gudang ilmu yang di salamnya tersimpan sejuta ilmu yang bermangfaat. Pada masa lampau buku ini dibuat untuk dijadikan media penulisan kejadian-kejadian bersejarah pada masa lampau.
                Dengan adanya buku berbagai kitab-kitab suci dapat di bukukan dan menjadi pedoman bagi pemeluknya. Dan dapat di simpan hingga waktu yang lama.
                Buku pertama kali di ciptakan oleh bangsa mesir sekitar tahun 2000 SM dimana mereka menciptakan kertas dari papirus dan dari lembaran yang telah bersisi tulisan-tulisan tadi kemudian di gulung dan di simpan.
                Buku kemudian di klain oleh orang Kamboja bahwa telah di temukan sejak zaman sang Budha, hal ini di dasari atas wahyu yang di sampaikan sang Budha selalu di tuliskan di  atas daun dan disamppaikan secara berulang-ulang.
                Beerbeda dengan yang lain Bangsa cina sendiri membuat buku dari lidi yang di ikat menjadi satu sehingga menjadi sebuah buku  yang bisa di baca. Penggunaan lidi oleh bangsa cina dilakukan sesuai dengan sistem penulisannya yang dimana mereka menulis dengan sistem vertikal atau di tulis dari atas ke bawah.
                Peradaban buku bertambah maju di cina dengan di ciptakannya kertas yang berbahan baku bambu yang di temukan oleh tsai lun. Dari kertas yang di ciptakan oleh bangsa cina tersebut berbagai perubahan terjadi termasuk dalam sistem penulisan sejarah masa lampau.
                Setelah kertas di ciptakan bangsa Cina sebagai  bahan pembuatan buku, Bangsa Arab yang kebanyakan adalah pedagang muslim menyebarkan kertas ke seluruh belahan dunia.  Hingga pada abad ke 11 para pedagang muslim ini membawa teknologi kertas ke negara Eropa dan menjadi awal kemajuan penggunaan kertas di dunia.
                Pembuatan kertas massal di eropa di prakarsai oleh penciptaan mesin pembuat kertas yang di ciptakan oleh Gutenberg dan menjadikan pembuatan buku semakin banyak dan semakin mudah .

0 komentar:

Posting Komentar