DUNIA HAYALAN TAMPA BATAS

BERFIKIR DAN BERJLANA DENGAN SEIRING WAKTU UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK LAGI. BELAJAR

Jumat, 22 Maret 2013

BIOGRAFI PROF. DR. H. BACHRUDDIN YUSUF HABIBIE

BIOGRAFI PROF. DR. H. BACHRUDDIN YUSUF HABIBIE

                Bernama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bachruddin Jusuf Habibi seorang jenius Indonesia yang dikenal juga sebagai presiden Republik Indonesia kelahiran Pare-pare (Sulawasesi-Selatan ) pada 25 Juni 1936. Menjabat presiden Republik Indonesia ke 4 selama  1.4 bulan dengan sebelumnya menjadi Wakil Presiden selama 2 bulan sebelum President Soeharto mundu rdari jabatannya karena permasalah Orde Baru.
                Habibi sejak kecil telah di kenal sebagai anak yang cerdas dan juga memiliki semangat tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Setalah kuliah ia masuk ke Intitut Teknologi Bandung dan hanya berselang duduk dalam bangku Teknik Mesin ITB ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jerman di Rhenisch Wesfaliche Tehnische Hochule pada 1955. Selama 10 tahun  Habibie menghabiskan waktu menyelesaikan studinya di Jerman dengan biaya dari ibunya,R.A, Tuti Marini Puspowardoyo.
                Program Doktoral pak Habibie  di selesaikan setelh menikah dengan ibu Hasriani Aiinun Besari yang merrupakan seorang dokter dan juga teman SMA-nya. Pada masa itu Habibie habibi harus bekerja sambil meyelesaikan kuliahnya dan menngurusi rumah tangganya. Hingga akkhirnya pak habibie menyelesaikkan gelar Doctoralnya sebagai Doctoral Ingeneur  dengan IPK summa cum laude.
                Setelah selesai Habibie bekerja di Messerschmitt- bolkow-Nlohm atau MBB sebagai kepala penelitian dan pengembangan pada Analisis Struktur Pesawat Terbang pada 1965-1969 dan kemudian habibie menjabat kepala Metode dan Teknologi Industri pesawat terbang komersial dan militer. Dan dalam 4 tahun dia telah mampu menjadi vice president MBB karena sumbangsi dan juga kinerjanya sekaligus di jadikan sebagai direktur MBB.
                Selain dari karir yang cemerlang habibie juga memberikan banyak sumbangsi penelitian, dan teori di bidang aerodinamik, desain, thermodinamika pesawat terbang. Beberapa toerinya adalah “Habibie Factor”, “Habibie Theorem”, dan “Habibie Method”.
Sumbangsi untuk indonesia ia lakukan dengan mengundan 40 insinyur indonesia untuk kembali nantiinya membengun negara. Namun pada masa president Soeharto habibie di bujuk pulang oleh presiden  Soeharto dengan jalan mengirim ibnu sutowo ke jerman.
                Setelah berhasil di bujuk akhirnya habibie pulang ke Indonesia dan di angkat menjadi Menteri Negara Riset dan Teknolgi pertama hingga akhirnya di minta menjadi wakil presiden Republik Indonesia yang ke 7.

0 komentar:

Posting Komentar